HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BULLYING DENGAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER TAHUN KEEMPAT DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Awang, Fatwa Witjaksana (2021) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BULLYING DENGAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER TAHUN KEEMPAT DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI - Awang Fatwa Witjaksana (H1A017014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Perilaku bullying akan mempengaruhi kualitas hidup suatu individu. Individu yang mengalami bullying akan memiliki kualitas hidup jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan perilaku bullying. Hal ini bedasarkan dari dampak yang diberikan pada perilaku bullying, dari segi fisik dan psikososial individu tersebut. Oleh karena itu perilaku bullying yang merusak hubungan antar sejawat dapat merusak kualitas hidup mahasiswa. Penelitian ini meniliti terkait hubungan antara perilaku bullying dengan kualitas hidup pada mahasiswa pendidikan dokter tahun ke-empat di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan rancangan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku bullying dengan kualitas hidup pada Mahasiswa Tahun ke 4 di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Pendidikan Dokter. Data terkait perilaku bullying diperoleh menggunakan Olweus Bullying-Victim Questionnaire dan data terkait kualitas hidup diperoleh menggunakan kuesioner SF-36. Hasil: Jumlah total responden penelitian yang memenuhi kriteria sebanyak 56 orang. Sebagian besar responden tidak terlibat dalam perilaku bullying. Sebagian besar juga dari responden total memiliki kualitas hidup yang baik. Pada responden yang terlibat bullying, sebagian besar mempunyai kualitas hidup dengan vitalitas yang buruk, yaitu pada responden yang terlibat bullying akan lebih merasa kurang vital dan energik. Kesimpulan: Kebanyakan responden yang tidak terlibat perilaku bullying memiliki kualitas hidup yang baik, meskipun tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara perilaku bullying dengan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: bullying, kualitas hidup, mahasiswa kedokteran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:30
Last Modified: 05 Jan 2022 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26894

Actions (login required)

View Item View Item