GAMBARAN PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT SELAMA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Rizka, Febriya Moestafa (2021) GAMBARAN PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT SELAMA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah Rizka Febriya Moestafa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Indonesia saat ini sedang mengalami masalah besar terkait limbah medis yang semakin meningkat akibat pandemi COVID-19. Limbah yang dihasilkan tergolong kedalam limbah infeksius yang mengandung patogen yang dapat menyebabkan penularan penyakit ke manusia. Adanya pengelolaan limbah medis dinilai baik membantu mencegah limbah tersebut tidak terkontaminasi langsung pada masyarakat. Tujuan : Mengetahui gambaran pengelolaan limbah medis padat dalam aspek pengelolaan limbah medis padat selama pandemi COVID-19 tahun 2020 di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, pengamatan, dan wawancara dengan Instrumen yang digunakan sesuai dengan peraturan menteri terkait pengelolaan limbah medis. Informan penelitian didapatkan dari narasumber yang melakukan pengelolaan limbah medis padat. Hasil : Pengelolaan limbah medis padat berjenis limbah infeksius dilakukan pengelolaan sesuai dengan pedoman penatalaksana yang di gunakan. Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No. 1204/Menkes/SK/X/2004 dan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 7 Tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit mulai dari tahapan pemilahan hingga pembuangan akhir limbah medis Kesimpulan : Dalam pengelolaan limbah medis padat berjenis limbah infeksius di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat secara keseluruhan sudah memenuhi Persyaratan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Limbah Medis Padat Infeksius, Pengelolaan Limbah Medis Padat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:46
Last Modified: 05 Jan 2022 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26899

Actions (login required)

View Item View Item