UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PENGURANGAN PENGGUNAAN PUPUK ANORGANIK PADA TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.)

Gusti Ketut Arsana, I (2021) UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PENGURANGAN PENGGUNAAN PUPUK ANORGANIK PADA TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi I Gusti Ketut A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)

Abstract

Penggunaan pupuk anorganik dalam dosis tinggi secara terus menerus telah menyebabkan terjadinya pelandaian produktivitas tanaman cabai serta penurunan tingkat kesuburan tanah, khususnya di lahan kering. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efektivitas perlakuan beberapa jenis pupuk kandang, baik secara mandiri maupun kombinasi, terhadap pengurangan penggunaan pupuk anorganik pada tanaman cabai merah besar. Percobaan dilaksanakan pada bulan Mei hingga September 2021 di lahan kering Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan tujuh perlakuan dan tiga ulangan. Pupuk anorganik (PK) NPK Phonska (15-15-15) dengan dosis 1.140 kg/ha digunakan sebagai kontrol. Perlakuan lainnya adalah 75% PK+PKS (pupuk kandang sapi), 75% PK+PKK (pupuk kandang kambing), 75% PK+PKA (pupuk kandang ayam), 75% PK+PKS+PKK, 75% PK+PKS+PKA dan 75% PK+PKK+PKA. Dosis pupuk kandang yang digunakan pada masing-masing perlakuan adalah 20 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua pupuk kandang cukup efektif dalam mengurangi penggunaan 25% pupuk anorganik untuk mendukung pertumbuhan dan hasil tanaman cabai di lahan kering. Hasil terbaik ditunjukkan oleh perlakuan pupuk kandang kambing yang dikombinasikan dengan pupuk kandang ayam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Cabai, hasil, lahan kering, produktivitas, pupuk kandang.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:54
Last Modified: 05 Jan 2022 06:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26912

Actions (login required)

View Item View Item