PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN

GEA, PUTRA DISNA MAHARDIKA (2021) PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa tentang konsep penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit dengaeksekusi Hak Tanggungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan. Penelitian ini dilakasanakan dengan menerapkan metode penelitian hukum normaif-empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Konsep pelaksanaan penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit dengan eksekusi Hak Tanggungan berdasar pada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan. Dalam pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan tersebut mengatur tentang Parate eksekusi dan dalam pasal 20 Undang- Undang Hak Tanggungan mengatur tentang eksekusi penjualan dibawah tangan. Proses penyelesaian masalah debitur wanprestasi dalam perjanjian kredit yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan memberikan cara penyelesaian wanprestasi melalui parate eksekusi dan eksekusi dibawah tangan. Akan tetapi dalam hukum acara Indonesia juga diatur tata cara penyelesaian masalah wanprestasi dengan melakukan eksekusi terhadap Hak Tanggungan apabila debitur telah di hukum bersalah oleh pengadilan dan menghukum debitur untuk membayar prestasinya atau pihak kreditur melakukan eksekusi berdasarkan titel eksekutorial pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Eksekusi, Hak Tanggungan, Perjanjian kredit, Wanprestasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2022 05:31
Last Modified: 06 Jan 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26940

Actions (login required)

View Item View Item