VALIDASI PENGUKURAN GLUKOSA DARAH MENGGUNAKAN POINT-OF-CARE BLOOD GLUCOSE DAN ANALISIS LABORATORIS UNTUK DIAGNOSA KECUKUPAN NUTRISI ENERGI SAPI BALI BETINA

DEKY, SETYAWAN (2021) VALIDASI PENGUKURAN GLUKOSA DARAH MENGGUNAKAN POINT-OF-CARE BLOOD GLUCOSE DAN ANALISIS LABORATORIS UNTUK DIAGNOSA KECUKUPAN NUTRISI ENERGI SAPI BALI BETINA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEKY SETYAWAN (B1D014054).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi hasil pengukuran glukosa darah dengan Point-of-Care glucose meter dan analisis laboratoris darah sapi bali betina serta kecukupan nutrisi energi. Eksperimen ini telah dilakukan dengan menggunakan darah dari 41 ekor sapi bali betina yang dipelihara secara tradisional dalam kandang kelompok yang diberikan pakan dari limbah jagung dan rumput lapangan. Analisis darah sapi bali betina secara laboratoris telah dilakukan dilaboratorium Hepatika Mataram Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar glukosa darah sapi bali betina yang diukur dengan Point-of-Care glucose meter (Teknik I=X) dan laboratorium (Teknik II=Y) adalah masing-masing sebanyak 35,82±5,93 dan 52,76±6,12 mg/dl. Terdapat hubungan yang relatif dapat dipercaya antara hasil pengukuran dengan menggunakan teknik I dan II sebesar 68% yang dinyatakan dalam persamaan regresi yaitu Y= 0,8495X+22,324. Agar diperoleh hasil yang mendekati hasil teknik II maka hasil pengukuran dengan POC harus ditambah atau dikoreksi dengan faktor koreksi sebesar 17 mg/dl. Kadar glukosa darah dapat dijadikan indikator kecukupan nutrisi energi dari sapi bali betina. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa Point-of-Care dapat digunakan untuk mengukur kadar glukosa darah sapi bali betina dan/atau ruminansia lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: energi, glukosa darah, Point-of-Care, ruminansia, sapi bali
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:21
Last Modified: 07 Jan 2022 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26982

Actions (login required)

View Item View Item