STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN 3 MATARAM SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2019/2020

KIKI, ANDRIYANI (2021) STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN 3 MATARAM SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KIKI ANDRIYANI_E1M016035 revisi Fix bgt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring di SMAN 3 Mataram dimasa pandemi Covid- 19. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data terdiri dari guru kimia, Wakasek kurikulum, dan peserta didik. Analisis data dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyusunan RPP 1 (satu) lembar yang berisi antara lain tujuan, kegiatan, dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan yang dimulai dengan mengingatkan peserta didik pembelajaran akan dimulai melalui aplikasi WhatsApp, mengisi absensi, menyampaikan tujuan dan mengulang materi pelajaran sebelumnya. Kegiatan inti dilaksanakan melalui aplikasi Google Classroom, Zoom, dan WhatsApp dengan durasi waktu 30 menit, kemudian mengisi LKPD. Kegiatan penutup dilakukan dengan memberi latihan soal melalui Google Form dan diakhiri dengan do’a. Evaluasi pembelajaran menggunakan Google Form dan evaluasi harian dilaksanakan dengan memanfaatkan Google Classroom. Bentuk soal penugasan ataupun ulangan berupa pilihan ganda dan uraian. Kendala yang dihadapi antara lain jaringan internet, WiFi yang error, tidak memiliki kuota internet, pulsa, handphone, dan kurang memahami materi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembelajaran daring, Kualitatif, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:51
Last Modified: 12 Jan 2022 06:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27069

Actions (login required)

View Item View Item