UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH TK KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2021/2022

RAHMI, RAHMI (2021) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH TK KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAHMI (E1F017064)(1)(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada anak usia 5-6 tahun di masa pandemi Covid-19 di TK Kecamatan Sekarbela Tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar anak usia 5-6 tahun di Sekolah TK yang ada di Kecamatan Sekarbela tahun 2020/2021 yang berjumlah 44 orang dari 22 lembaga pendidikan. Sedangkan cara pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga sampel diambil 10 lembaga dan 16 guru saja yang mengajar anak usia 5-6 tahun berdasarkan masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Sekarbela. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak yaitu dengan merancang pembelajaran yang tidak memberatkan siswa, menggunakan media video rekaman, mengizinkan anak melakukan personal chat untuk menanyakan materi, memberikan motivasi, menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua anak, tugas bisa dikumpulkan lewat whatsapp. Setelah dilakukan penskoran angket serta analisis data, maka diperoleh hasil bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada anak usia 5-6 tahun dengan melakukan kunjungan guru ke rumah anak sebanyak 410%, dan guru mengirimkan tugas lewat group (WA) untuk dikerjakan di rumah oleh masing-masing anak sebanyak 220%. Hal ini membuktikan bahwa semua upaya yang ditempuh oleh guru di TK Kecamatan Sekarbela sudah digolongkan dalam kategori baik dan harus terus dipertahankan dan ditingkatkan agar menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:51
Last Modified: 12 Jan 2022 06:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27070

Actions (login required)

View Item View Item