PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ELEARNING PADA MASA COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI LOMBOK TIMUR

RABIATUN, ADAWIAH (2021) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ELEARNING PADA MASA COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kualitas, pengaruh serta konribusi indikator dari penerapan pembelajaran berbasis e-learning pada masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri di Lombok Timur. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian sebanyak 155 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Lombok Timur dan jumlah sampel sebanyak 111 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data pembelajaran berbasis e-learning dan motivasi belajar menggunakan angket dan wawancara. Analisis data penelitian yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kualitas penerapan pembelajaran berbasis e-learning berada di kategori sedang dengan persentase frekuensi terbesar 70%. Tingkat motivasi belajar siswa berada di kategori sedang dengan persentase frekuensi terbesar 71%. Hasil analisis inferensial digunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis yang menggunakan pearson product moment menunjukkan rxy = 0,56 dan koefisien determinasi sebesar 31,87% sehingga ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara penerapan pembelajaran berbasis elearning pada masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa. Indikator pembelajaran berbasis e-learning yang paling besar memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar ialah kesiapan siswa menerima materi pembelajaran melalui e-learning dan indikator yang paling sedikit memberikan pengaruh ialah keterampilan menggunakan komputer/smartphone.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembelajaran berbasis e-learning, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:51
Last Modified: 12 Jan 2022 06:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27072

Actions (login required)

View Item View Item