ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS DITINJAU DARI PERBEDAAN POLA PIKIR DIVERGEN DAN KONVERGEN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020

Naba, Nunun Lamhabah (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS DITINJAU DARI PERBEDAAN POLA PIKIR DIVERGEN DAN KONVERGEN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Naba Nunun L.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem koordinat kartesius ditinjau dari perbedaan pola pikir divergen dan konvergen pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket karakter berpikir dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen angket karakter berpikir digunakan untuk memilih sampel penelitian yang memenuhi kriteria berpikir divergen dan berpikir konvergen yang pada penelitian ini didapatkan 11 siswa berpikir divergen dan 12 siswa berpikir konvergen. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah sampel penelitian yang diukur berdasarkan pedoman penilaian Polya yaitu (1) memahami soal, (2) merencanakan penyelesaian, (3) menyelesaikan masalah, dan (4) melakukan pengecekan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki antara siswa berpola pikir divergen maupun konvergen yaitu 66,19 dan 66,73. Perbedaan hanya terletak pada langkah yang dilalui tiap siswa. Hal ini menunjukkan pola pikir yang berbeda tidak mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memecahkan sebuah masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Divergen, Konvergen, Kuantitatif, Deskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:51
Last Modified: 12 Jan 2022 06:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27074

Actions (login required)

View Item View Item