PEMBATALAN AKTA JUAL BELI HAK ATAS TANAH DAN AKIBAT HUKUMNYA BAGI PARA PIHAK (Studi Kasus Putusan Nomor 17/PDT.G/2012/PT.TK)

CIKITA, HIRLANY ADELLA (2021) PEMBATALAN AKTA JUAL BELI HAK ATAS TANAH DAN AKIBAT HUKUMNYA BAGI PARA PIHAK (Studi Kasus Putusan Nomor 17/PDT.G/2012/PT.TK). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CIKITA HIRLANY ADELLA REVISI SEMHAS..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar putusan dari pembatalan akta jual beli tanah serta untuk mengetahui akibat hukum dari pembatalan akta jual beli tanah pada Putusan Nomor 17/Pdt.G/2012. Penelitian ini memberikan sumbangsih pada pengembangan dan kemajuan dalam bidang ilmu hukum perdata dan dapat melengkapi khazanah keilmuan serta dapat menjadi pedoman bagi para pihak yang mendalami bidang yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian normatif yuridis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Putusan PPAT telah melanggar bunyi dari Pasal 39 Ayat (1) Huruf (a) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah. Pada peraturan tersebut, telah dinyatakan bahwa PPAT harus menolak pembuatan akta tanah yang telah terdaftar tidak disampaikan sertifikat aslinya. Dengan demikian, akibat hukum yang timbul dari pembatalan akta jual beli tanah tersebut adalah pengadilan menerima permohonan pembanding dengan membatalkan Putusan Pengadilan Negeri Sugih dan menyatakan putusan tersebut batal demi hukum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Pembatalan, Akta , Jual Beli Tanah.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:02
Last Modified: 12 Jan 2022 07:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27077

Actions (login required)

View Item View Item