KONTRIBUSI EKONOMI USAHA KERAJINAN TIKAR MENDONG (Fimbristylis globulosa) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN LENEK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Tina, Nopiana (2021) KONTRIBUSI EKONOMI USAHA KERAJINAN TIKAR MENDONG (Fimbristylis globulosa) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN LENEK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
24 Des 2021-Skripsi-Tina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis jenis-jenis kegiatan ekonomi produktif rumah tangga petani responden di Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur; (2) menganalisis pendapatan dari usaha kerajinan tikar mendong dan kontribusinya terhadap pendapatan rumah tangga petani di Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur; (3) mengetahui masalah dan hambatan yang dihadapi pengrajin dalam mengelola usaha kerajinan tikar mendong di Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan dan kontribusi usaha. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 7 jenis kegiatan ekonomi produktif yang dilakukan rumah tangga petani responden di Kecamatan Lenek diantaranya adalah; usaha kerajinan tikar mendong, usahatani, buruh tani, buruh pengolahan tembakau, buruh bangunan, karyawan toko dan TKI. (2) Pendapatan dari usaha kerajinan tikar mendong adalah sebesar Rp 6.115.239,83/tahun dengan jumlah kontribusinya sebesar 30,40% terhadap total pendapatan rumah tangga petani di Kecamatan Lenek. Kontribusi usaha kerajinan tikar mendong ini memberikan sumbangan yang cukup berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan rumah tangga petani responden. (3) Masalah dan hambatan pengrajin dalam mengelola usaha kerajinan tikar mendong adalah rendahnya kualitas pewarna mendong, rendahnya keterampilan pengembangan produk, peralatan tenun yang masih tradisional, rendahnya kemampuan memasarkan produk jenis tikar Alus, harga produk tikar yang masih rendah, mahalnya harga bahan baku, dan modal sendiri untuk pengembangan usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : ekonomi produktif, kerajinan tikar mendong, pendapatan, kontribusi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:05
Last Modified: 13 Jan 2022 05:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27090

Actions (login required)

View Item View Item