PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Dian, Purnama Sari (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN PURNAMA SARI(E1E217043) PGSD B REG.SORE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran manipulatif terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 SDN 3 Gunngsari tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran manipulatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitiian eksperimen. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis statistic deskriptif dan tehnik analisis inferensial. Tehnik analisis data deskriptif menggunakan distribusi frekuensi motivasi belajar sedangkan tehnik analisis inferensial yaitu menggunakan Uji(t) ,dan Effect Sie. Hasil uji normalitas didapatkan data berdistribusi normal,dan dari hasil uji Homogenitas didapatkan data homogen sedangkan pada hasil Uji Hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran manipulatif terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 SDN 3 gunungsari tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran manipulatif pada kelompok eksperimen , yaitu pada perlakuan pertama total skor 77,5 % dengan kriteria baik , sedangkan pada perlakuan ke 2 Total skor yang didapatkan 82,5% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,005 < 0,05 atau t hitung lebih besar dari t tabel , karena terdapat( t hitung 3,525 dan t tabel sebesar 1,8125 dengan df 10 dengan alpha 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan uji effect size menunjukkan pengaruh yang tinggi, dan terdapat adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran manipulatif terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 SDN 3 gunungsari Tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Pembelajaran Manipulatif , Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:05
Last Modified: 13 Jan 2022 05:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27092

Actions (login required)

View Item View Item