IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PPKN DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 LINGSAR

RIANTO, RIANTO (2021) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU PPKN DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIANTO E1B017053 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru PPKn dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menentukan subyek dan informan penelitian, peneliti menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini diantaranya reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menemukan kesulitan guru PPKn dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi COVID-19 diantaranya: (1) kesulitan dalam membedakan penggunaan RPP daring dan tatap muka terbatas sehingga menggunakan RPP yang sama; (2) kesulitan melaksanakan kegiatan belajar mengajar menggunakan aplikasi zoom dan google classroom karena beberapa siswa tidak memiliki kuota, bahkan ada yang tidak mempunyai handphone; (3) tidak dapat menyampaikan materi secara rinci ketika kegiatan belajar mengajar tatap muka terbatas karena waktunya sangat terbatas; dan (4) kesulitan mendapatkan sinyal di daerah-daerah tertentu seperti di Lombok utara. Data diatas menunjukkan dalam penelitian ini menemukan adanya kesulitan guru PPKn dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Lingsar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kesulitan Guru PPKn, Masa Pandemi COVID-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:08
Last Modified: 17 Jan 2022 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27175

Actions (login required)

View Item View Item