“ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA JALAN PERKOTAAN TIPE 2/2 TT SEBELUM DAN SESUDAH PERBAIKAN PADA JALAN PRABU RANGKASARI DASAN CERMEN, KOTA MATARAM”

Anang, Aditiya Gunawan (2021) “ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA JALAN PERKOTAAN TIPE 2/2 TT SEBELUM DAN SESUDAH PERBAIKAN PADA JALAN PRABU RANGKASARI DASAN CERMEN, KOTA MATARAM”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Artikel Ilmiah Anang Aditiya Gunawan F1A117005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)

Abstract

Jalan perkotaan merupakan segmen jalan yang mempunyai perkembangan permanen dan menerus di sepanjang atau hampir seluruh segmen jalan, minimal pada satu sisinya, berupa pengembangan koridor, berada dalam atau dekat pusat perkotaan yang berpenduduk lebih dari 100.000 jiwa, atau dalam daerah perkotaan dengan penduduk kurang dari 100.000 jiwa tetapi mempunyai perkembangan di sisi jalannya yang permanen dan menerus (PKJI, 2014). Analisis kapasitas jalan perkotaan eksisting atau yang akan ditingkatkan harus selalu mempertahankan DJ ≤ 0,85. Disamping itu, desain harus mempertimbangkan standar jalan yang berlaku di Indonesia, nilai ekonomi, serta pengaturan lalu lintas terhadap keselamatan lalu lintas dan emisi kendaraan. Dari hasil analisis perbandingan kinerja jalan perkotaan sebelum dan sesudah perbaikan jalan, didapatkan hasil derajat kejenuhan pada kondisi sebelum perbaikan jalan yaitu dengan nilai sebesar 0,79. Kondisi tersebut berada pada tingkat pelayanan kelas D. Sedangkan nilai derajat kejenuhan setelah perbaikan jalan sebesar 0,64. Hal ini menandakan bahwa kondisi jalan setelah perbaikan memiliki tingkat kinerja jalan yang cukup baik dari sebelumnya, dikarenakan kondisi setelah perbaikan berada pada tingkat pelayanan kelas C.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Jalan Perkotaan, Analisis, Kinerja, Derajat Kejenuhan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:08
Last Modified: 17 Jan 2022 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27176

Actions (login required)

View Item View Item