ANALISIS TANTANGAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG INOVATIF DI SDN TUNDUNG KECAMATAN BATUKLIANG TAHUN AJARAN

SELY, AFRIANI (2021) ANALISIS TANTANGAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG INOVATIF DI SDN TUNDUNG KECAMATAN BATUKLIANG TAHUN AJARAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SELY AFRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah guru kurang memahami tentang pembelajaran inovatif, pembelajaran yang dilaksanakan juga kurang bervariatif karena guru kurang menguasai berbagai macam model pembelajaran inovatif. untuk itu perlu di telusuri lebih lanjut melalui sebuah penelitian untuk diungkapkan permasalahan lainnya mengenai tantangan yang dialami guru berkaitan dalam menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa, (2) Untuk mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi guru dalam merancang model pembelajaran matematika yang inovatif, (3) Untuk mengetahui kemampuan apa saja yang dibutuhkan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua guru kelas di SDN Tundung, sedangkan objek penelitian ini yaitu tantangan guru dalam menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa tantangan yang dialami oleh guru di SDN Tundung antara lain adanya Covid- 19 yang menyebabkan siswa kebanyakan libur sekolah dan siswa hanya belajar lewat daring sehingga sulit memahami pembelajaran matematika yang diberikan, guru belum memahami pembelajaran inovatif, selain itu kurang sarana dan prasarana terkait sekolah masih dalam pedesaan dan ketidakmampuan para guru dalam menggunakan teknologi modern. Kemampuan yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut yaitu memanfaatkan media yang sudah ada, memperbanyak pengetahuan teknologi, melengkapi sarana prasarana, bertukar informasi dengan teman sejawat/seprofesi mengenai pembelajaran inovatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tantangan guru, pembelajaran matematika yang inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:08
Last Modified: 17 Jan 2022 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27178

Actions (login required)

View Item View Item