ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK MEMECAHKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 44 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

IZA, AFKARINA (2021) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK MEMECAHKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 44 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita kelas IV Sekolah Dasar Negeri 44 Ampenan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD sebanyak 20 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Peserta didik diberi tes berupa soal matematika bentuk cerita meteri pecahan. Sebelum digunakan, soal dan lembar wawancara terlebih dahulu diuji validitasnya. Setelah diperoleh data penelitian, peneliti menganalisis data penelitian tersebut menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 3 jenis kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita. Bentuk kesulitan yaitu (1) Kesulitan peserta didik dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian soal cerita, (2) kesulitan peserta didik dalam mengubah informasi kedalam kalimat matematika, dan (3) kesulitan dalam menentukan operasi hitung. Kesulitan peserta didik dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian soal cerita memperoleh presentase paling banyak yaitu sebanyak 32,5%, kesulitan peserta didik dalam mengubah informasi kedalam kalimat matematika sebanyak 26% dan terakhir kesulitan dalam menentukan operasi hitung sebanyak 24,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kesulitan menyelesaikan soal, soal matematika bentuk cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:30
Last Modified: 17 Jan 2022 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item View Item