IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 7 AMPENAN

Cindy, Oktaviana Amri (2021) IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 7 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CINDY OKTAVIANA AMRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasi e-learning untuk meningkatkan literasi digital peserta didik kelas 5 SDN 7 Ampenan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5, Guru dan Kepala Sekolah SDN 7 Ampenan. Metode penelitian menggunakan metode kualitiatif deskriptif dengan tehnik pengumpula data menggunakan tehnik wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data terdiri atas kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa diketahui implementasi e-learning pada SDN 7 Ampenan dilakakukan dalam tiga tahap yang sudah dilaksanakan dengan baik yaitu pemberian informasi dan sosialisasi, persiapan materi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran e-learning dengan aplikasi WhatsApp Masangger. E-learning terbukti dapat meningkatkan literasi digital siswa kelas 5 SDN 7 Ampenan yang ditunjukan dengan siswa dapat secara aktif dan antusias memanfaatkan teknologi yang ada untuk belajar dan mengakses informasi yang dibutuhkan. Implementasi e-learning telah memberikan manfaat yang membuat siswa dapat menggunakan teknologi yang ada sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Implementasi E-learning, Literasi Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:30
Last Modified: 17 Jan 2022 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27182

Actions (login required)

View Item View Item