MONITORING KELIMPAHAN HARMFUL ALGAE CYANOPHYCEAE DI TAMBAK UDANG INTENSIF DESA MUMBUL SARI, KABUPATEN LOMBOK UTARA

Hardiawan, Hardiawan (2021) MONITORING KELIMPAHAN HARMFUL ALGAE CYANOPHYCEAE DI TAMBAK UDANG INTENSIF DESA MUMBUL SARI, KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hardiawan_C1K016039_Skripsi_Monitoring Kelimpahan Harmful Algae Cyanophyceae Di Tambak Udang Intensif Desa Mumbul Sari, Kabupaten Lombok Utara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya peristiwa Harmful Algae Bloom (HAB) dapat menimbulkan kerugian bagi perairan. Fenomena HAB dapat digolongkan menjadi dua, antara lain red tide maker dan toxin producer. Blooming fitoplankton berpigmen dapat menimbulkan red tide maker, akibatnya dapat menghalangi cahaya menembus perairan akibat dari tertutupnya permukaan, sehingga menimbulkan deplesi oksigen, dan menyebabkan gangguan fungsi mekanik maupun kimiawi pada organ respirasi biota akuatik. Sedangkan, blooming fitoplankton oleh toxin producer menimbulkan ganggun metabolit sekunder pada ikan maupun udang. Sehingga racun yang dihasilkan dapat terakumulasi dalam tubuh ikan dan kerang. Hal ini, dapat menyebabkan keracunan pada ikan maupun manusia yang mengkonsumsi. Populasi dari kelas cyanophyceae perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan kerugian, dan diketahui aktif menyebabkan keracunan yang dapat mebahayakan ikan atau udang maupun manusia yang mengkonsumsinya. Spesies anggota kelompok plankton ini, antara lain Microcystis sp., Anabaena sp., Oscillatoria sp., Nostoc sp., Nodularia sp., Aphanizomenon sp., Cylindrospermopsis sp., Lyngbya sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dari kelas cyanophyceae yang berpotensi Harmful Algae Blooms sebagai indikator kesehatan lingkungan di tambak udang intensif UD. Mumbul Sari Aquaculture, desa Mumbul Sari, kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif eksploratif, dan teknik purposive random sampling digunakan penulis dalam pengambilan sampel. Sampling dilakukan pada 3 petak tambak yaitu petak 1, petak 2, dan petak 3. Pada setiap petak sampling diambil pada bagian inlet, outlet, dan badan tambak. Kemudian data yang didapat dilakukan perhitungan kelimpahan, Shannon Weaver Index untuk menganalisis indeks keanekaragaman, Taxon Evenness Index untuk mengetahui indeks keseragaman, dan Simpson’s Diversity Index untuk indeks dominansi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa genus plankton yang berpotensi Harmful Algae Blooms sebagai indikator kesehatan lingkungan di tambak udang yaitu dari divisi cyanophyta, kelas cyanophyceae terdiri dari genus microcystis dan oscillatoria dengan persentase masing-masing genus yaitu 8,891% dan 17,074% dari total populasi genus plankton. Jumlah populasi microcystis dan genus oscillatoria di lokasi penelitian yaitu 2.005 ind/L dan 3.851 ind/L. Kondisi perairan tambak yang diamati masih tergolong aman berdasarkan standar oprasional yang diterapkan oleh UD. Mumbul Sari Aquaclture.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: HAB, Cyanophyceae, UD. Mumbul Sari Aquaclture
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:30
Last Modified: 17 Jan 2022 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27184

Actions (login required)

View Item View Item