MODIFIKASI MACHINE KETINTING DENGAN MENAMBAHKAN ALTERNATOR UNTUK MELAYANI KEBUTUHAN DAYA LAMPU NELAYAN TRADISIONAL PADA MALAM HARI

WAWAN, SAPUTRA (2021) MODIFIKASI MACHINE KETINTING DENGAN MENAMBAHKAN ALTERNATOR UNTUK MELAYANI KEBUTUHAN DAYA LAMPU NELAYAN TRADISIONAL PADA MALAM HARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C017098_WAWAN SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan penangkapan ikan para nelayan tradisional biasanya menggunakan perahu motor tempel atau biasa disebut mesin ketinting dikarenakan pengoperasiannya yang cukup sederhana dan biaya operasional tidak terlalu tinggi. Mesin ketinting adalah mesin serbaguna yang dimodifikasi dengan poros panjang yang menghubungkan antara mesin dan baling-baling. Fungsi poros panjang tersebut adalah agar posisi baling-baling tetap berada di bawah air dan mesin tetap di atas perahu. Pada penelitian ini mesin ketinting dimodifikasi dengan menambahkan alternator atau system pengisian aki mobil. Dengan memodifikasi mesin ketinting dengan menambahkan alternator bertujuan untuk membantu masyarakat nelayan dalam memenuhi kebutuhan daya lampu untuk penerangan pada saat melakukan aktifitas menangkap ikan pada malam hari. Mesin ketinting dikopel dengan pully di poros panjangnya, dan pully tersebut dihubungkan dengan alternator menggunkan V-belt, sehingga pada saat mesin ketinting dihidupkan maka alternator akan ikut berputar dan akan mengisi aki/baterai. Pada saat nelayan melakukan aktifitas pada siang hari dan tidak menggunakan lampu, alternator akan mengisi aki dan aki siap digunakan pada malam harinya dengan keadaan penuh. Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran V, I dan FC pada saat pengisian. Variasi putaran pada saat pengisian yaitu 1500, 200 dan 2500 Rpm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengisian aki pada putaran 2500 Rpm adalah pengisian tercepat dengan waktu 7,866 jam dan arus pengisian yang dihasilkan alternator adalah 6,6 A sedangkan waktu pengisian terlama yaitu pada putaran 1500 Rpm dengan waktu 16,716 jam dan arus pengisian 3,23 A. Penerapan rangkaian pengisian otomatis dengan alternator dan regulator bekrja dengan baik ditandai dengan menurunnya arus yang mengalir siring dengan terisinya aki.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Nelayan tradisional, Mesin ketinting, Alternator, Modifikasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:31
Last Modified: 17 Jan 2022 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27185

Actions (login required)

View Item View Item