KEWENANGAN PEMERINTAH DALAM PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2018 TENTANG KEKARANTINAAN KESEHATAN

EDUARD, AWANG MAHA PUTRA (2021) KEWENANGAN PEMERINTAH DALAM PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2018 TENTANG KEKARANTINAAN KESEHATAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_EDUARD AWANG MAHA PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Kewenangan Pemerintah Dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan bertujuan untuk mengetahui kewenangan pemerintah dalam penerapan PPKM ditinjau dari UU Kekarantinaan Kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode normatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk mengeluarkan kebijakan PPKM apabila ditinjau dari UU Kekarantinaan Kesehatan dikarenakan tidak terdapat istilah PPKM dalam UU tersebut. PPKM sendiri didasari oleh kewenangan diskresi yang diwujudkan dalam bentuk peraturan kebijakan yakni instruksi menteri dalam negeri, sehingga kebijakan PPKM dapat dikatakan sebagai suatu tindakan pemerintah yang sah dalam penanganan kasus Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kewenangan Pemerintah, PPKM, UU Kekarantinaan Kesehatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:31
Last Modified: 17 Jan 2022 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item View Item