EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA PEMILIHAN UMUM OLEH BAWASLU MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM (Studi di Kabupaten Lombok Tengah)

KEMAS, MUHAMAD ASSAJAZI (2021) EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA PEMILIHAN UMUM OLEH BAWASLU MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM (Studi di Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Anak Zaman Edan 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan penyelesaian sengketa Pemilihan Umum oleh Bawaslu dan apakah hambatan Bawaslu dalam menyelesaikan sengketa Pemilihan Umum di Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris, melalui pendekatan Peraturan Perundang – Undangan, pendekatan konseptual, pendekatan sosiologis dan pendekatan kasus. Jenis dan sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian ini yaitu seperti yang diterangkan oleh Harun Azwari koordinator penyelesaian sengketa Pemilu menjelaskan peranan Bawaslu di Kabupaten Lombok Tengah dalam penyelesaian sengketa Pemilu tahun 2019 yaitu menerima dan mengkaji permohonan penyelesaian sengketa proses pemilu, mempertemukan pihak yang bersengketa untuk mencapai kesepakatan melalui mediasi atau musyawarah mufakat. Jika tidak tercapai kesepakatan antar pihak yang bersengketa maka dapat menyelesaikan sengketa proses pemilu melalui adjudikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Efektivitas, Badan Pengawas Pemilu, Sengketa, Pemilu
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:31
Last Modified: 17 Jan 2022 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item View Item