ANALISIS KESALAHAN PROSES MORFOFONEMIK DAN KESALAHAN EJAAN PADA KATA-KATA ASING DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA KELAS XI KURIKULUM 2013

USFATUN, SHOLEHA (2021) ANALISIS KESALAHAN PROSES MORFOFONEMIK DAN KESALAHAN EJAAN PADA KATA-KATA ASING DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA KELAS XI KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi usfa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan proses morfofonemik dan bentuk kesalahan ejaan pada kata bahasa asing pada Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, karena data yang diperoleh dalam bentuk kata-kata dan hal yang diamati adalah kalimat yang terdapat pada Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka dan teknik catat, hasil analisis dalam Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013, terdapat 3 jenis bentuk kesalahan akibat adanya proses morfofonemik yaitu kesalahan fonem yang seharusnya diluluhkan tetapi tidak diluluhkan, kesalahan penyingkatan prefiks menge- menjadi nge- dan kesalahan penulisan ejaan kosakata bahasa asing pada pembentukan proses morfofonemik. Adapun bentuk kesalahan ejaan dalam kata bahasa asing yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital dan kesalahan penulisan meliputi, kesalahan penulisan kata bahasa asing, kesalahan penulisan kata bahasa asing yang tidak dispasi, dan kesalahan penulisan kata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kesalahan proses morfofonemik, kesalahan ejaan, kata-kata asing, buku paket bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:31
Last Modified: 17 Jan 2022 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27197

Actions (login required)

View Item View Item