PERAN DAN KEDUDUKAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN (STUDI BPSK KOTA MATARAM)

HABIBURRAHMAN AKBAR, FE M (2021) PERAN DAN KEDUDUKAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN (STUDI BPSK KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (Fe M Habiburrahman Akbar).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami peran dan kedudukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Mataram dalam menyelesaikan sengketa konsumen di luar Pengadilan melalui arbitrase, mediasi dan konsiliasi. Serta mengetahui praktek dalam menyelesaikan sengketa konsumen yang dilakukan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Mataram, Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian hukum normatif empiris yang menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Badan penyelesaian sengketa konsumen disingkat sebagai BPSK adalah salah satu lembaga peradilan konsumen berkedudukan pada tiap Provinsi di seluruh Indonesia, sebagaimana diatur menurut Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen bertugas utama menyelesaikan persengketaan konsumen di luar Pengadilan melalui arbitrse, mediasi dan konsiliasi. Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) untuk memberikan konsultasi perlindungan hukum kepada konsumen dan BPSK memiliki kedudukan sebagai kekuatan eksekutif karena BPSK hadir sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaraan perlindungan hukum terhadap konsumen di Indonesia. Serta mengetahui mekanisme penyelesaian sengketa di BPSK dilakukan dengan mengajukan permohonan ke BPSK, selanjutnya kesepakatan untuk memilih cara penyelesaian sengketa baik dengan cara konsiliasi, mediasi, dan arbitrase, kemudian majelis menyelesaikan sengketa dan membuat putusan dalam menyelesaikan sengketa konsumen di luar Pengadilan melalui arbitrase, mediasi dan konsiliasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peran, Sengketa Konsumen, BPSK
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:32
Last Modified: 17 Jan 2022 07:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item