PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 MARIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NUR, IKA (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 MARIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SRIPSI NUR IKA E1E217129.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD Negeri 3 Maria tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kela IV SDN 3 Maria. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner(angket) dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian menggunakan Anova Satu Jalur. Sebelum melakukan uji hipotesis data yang diperoleh terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji Anova Satu Jalur di peroleh Fhitung sebesar 4.598 dan nilai sig 0.000< 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 3 Maria tahun pelajaran 2020/2021. Sehingga pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dalam penelitian ini tergolong sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:56
Last Modified: 18 Jan 2022 06:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27223

Actions (login required)

View Item View Item