PUTUSNYA PERKAWINAN DISEBABKAN KARENA ADANYA PERCERAIAN DAN AKIBAT HUKUMNYA(STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 1211/PDT.G/2020/PA.BIMA)

RINI, HIDAYATULLAH (2021) PUTUSNYA PERKAWINAN DISEBABKAN KARENA ADANYA PERCERAIAN DAN AKIBAT HUKUMNYA(STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 1211/PDT.G/2020/PA.BIMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
refisi semhas skripsi rini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk 1) Untuk mengetahui pertimbangan hukum majlis Hakim terjadinya perceraian dalam Putusan Nomor: 1211/Pdt.G/2020/PA.Bima)”.2) Untuk mengetahui akibathukumperceraian tersebut yang tertuang dalam Putusan Pengadilan Agama Bima Nomor 1211/Pdt.G/2020/PA.Bima. penelitian ini menggunakan hukum normatif. Manfaat dari penelitian ini terdiri dari manfaat akademis dan peraktis.metode pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan perundang-undangan ,pendekatan konseptual,serta pendekatan kasus . dari hasil penelitian yang dilaksanakan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) mengenai Pertimbangan hukum majlis hakim atas terjadinya perceraian dalam Putusan Nomor: 1211/Pdt.G/2020/ PA.Bimatentang perkara Cerai Talak yang telah diuputuskan sesuai dengan ,Pasal 116 ayat enam (6) dalam Kompilasi Hukum Islam, perceraian dapat terjadi karena alasan yang berbunyi” Antara suami dan isteri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga” 2) Akibat hukum yang ditimbulkan dari perceraian tersebut berdasarkan Putusan Pengadilan Agama Bima Nomor 1211 /Pdt. G/2020 /PA. Bima telah sesuai dengan hukum positif yang berlaku sebagaimana diatur dalam Pasal 41 Undang-Undang Perkawinan, yang isinya sebagai berikut: a) Baik ibu atau bapak tetap berkewajiban memelihara dan mendidik anak-anaknya, b)Bapak yang bertanggung jawab atas semua biaya pemeliharaan dan pendidikan yang diperlukan anak. c) Pengadilan dapat mewajibkan kepada bekas suami untuk memberikan biaya penghidupan, dan/atau menentukan suatu kewajiban bagi bekas istri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Perceraian, pertimbangan, akibat hukum dan putusan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:56
Last Modified: 18 Jan 2022 06:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27226

Actions (login required)

View Item View Item