PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM GENERIK SAINS MATA KULIAH KIMIA BAHAN ALAM: ISOLASI CASHEW NUT SHELL LIQUID (CNSL) DARI KULIT BIJI JAMBU METE

HELITA, SEFITRI DECHAYANTARI (2021) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM GENERIK SAINS MATA KULIAH KIMIA BAHAN ALAM: ISOLASI CASHEW NUT SHELL LIQUID (CNSL) DARI KULIT BIJI JAMBU METE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP HELITA SEFITRI DECHAYANTARI (E1M017025) PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) dari kulit biji jambu mete. (2) Tingkat kevalidan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) dari kulit biji jambu mete yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2018 berjumlah 76 orang yang sudah memprogramkan mata kuliah Kimia Bahan Alam. Sampel dalam penelitian berjumlah 76 orang dan kemudian dijadikan sebagai responden uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,8 dan modul praktikum berada pada kategori valid dan layak digunakan. Sementara itu, kepraktisan untuk semua komponen modul diperoleh nilai rata-rata dari respon mahasiswa sebesar 86% dan dari respon dosen sebesar 83% yang menunjukkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi CNSL dari kulit biji jambu mete yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Modul Praktikum, Isolasi, Kimia Bahan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 00:16
Last Modified: 19 Jan 2022 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27246

Actions (login required)

View Item View Item