Pelaksanaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Pekerja Tambang Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 Dan Peraturan Terkait Lainnya (Studi Di Pertambangan Mineral Dan Batu Bara PT Dompu Gutama Wisata (DGW))

Muhamad, Syarif Hidayatullah (2022) Pelaksanaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Pekerja Tambang Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 Dan Peraturan Terkait Lainnya (Studi Di Pertambangan Mineral Dan Batu Bara PT Dompu Gutama Wisata (DGW)). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX (M.syarif Hidayatullah).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis implementasi keselamatan dan kesehatan kerja ( k3) terhadap pekerja tambang berdasarkan Undang-Undang nomor 1 tahun 1970 dan peraturan terkait lainnya di pertambangan mineral dan batu bara PT Dompu Gutama Wisata (DGW). Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian hukum empiris. Hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwa pada beberapa ketentuan peraturan perundang-undangan menegaskan bahwa pekerja atau buruh mempunyai hak untuk memperoleh perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan pekerjaannya terlebih pada lingkungan pertambangan, sehingga kewajiban perusahaan untuk memiliki management K3 pada setiap perusahaannya guna menjadi koridor bagi perusahaan dan pekerja. Implementasi (K3) pada PT.DGW dengan kondisi lapangan yang tidak menjamin adanya keselamatan dan kesehatan kerja bagi bekerja pada PT Dompu Gutama Wisata (DGW). Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab tidak terimpelementasinya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bagi bekerja pada PT Dompu Gutama Wisata (DGW) yang dianalisis berdasarkan teori efektivitas hukum Soerjono Soekanto dibagi menjadi empat faktor. Pertama, Faktor undang-undang yakni tidak diterapkan secara maksimal Identifikasi potensi bahaya dan pengendalian resiko. Kedua, faktor penegak hukum yakni Pengawasan pekerja belum maksimal, Perusahaan Tidak melakukan investigasi kecelakaan kerja dan Kurangnya Peran aktif Disnakertrans Kabupaten Dompu. Ketiga, faktor sarana dan prasarana yakni kekurangan alat pelindung diri yang disiapkan oleh perusahaan. Keempat, faktor budaya masyarakat yang dalam hal ini mengenai pengetahuan atau pendidikan pekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: implementasi, keselamatan dan kesehatan kerja, pekerja tambang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:50
Last Modified: 19 Jan 2022 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27249

Actions (login required)

View Item View Item