PENERAPAN PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR: 6 TAHUN 2019 TERHADAP PENYIDIKAN TINDAK PIDANA (Studi Penerapan Restoratif Justice Di Polresta Mataram)

SALWA, RIDWAN (2021) PENERAPAN PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR: 6 TAHUN 2019 TERHADAP PENYIDIKAN TINDAK PIDANA (Studi Penerapan Restoratif Justice Di Polresta Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui implementasi penerapan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor: 6 Tahun 2019 terhadap penyidikan tersangka tindak pidana melalui pendekatan Restorative Justice di Kepolisian Resor Kota Mataram dan Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh Penyidik di Kepolisian Resor Kota Mataram dalam penerapan Restoratove Justice. Jenis Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian empiris dengan metode pendekatan perundang-undangan, konseptual dan sosiologis. Hasil penelitian penulis diperoleh fakta bahwa penerapan Restorative Justice di Polreta Mataram didasarkan atas adanya kesepakatan para pihak baik pelaku maupun korban dengan difasilitasi oleh penyidik dan dimediasi dengan melibatkan anggota masyarakat. Adapun pembatasan terhadap tindak pidana yang dapat diselesaikan melalui restorative justice terdapat fleksibelitas dengan adanya penerapan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor: 6 Tahun 2019 Tentang Penyidikan Tindak Pidana. Sementara terkait kendala-kendala yang dihadapi oleh kepolisian adalah kendala yang berasal dari prinsip Restorative Justice itu sendiri yaitu perdamaian. Perdamaian akan sulit untuk tercapai jika para pihak tidak ada kebesaran hati dari pelapor untuk memaafkan dan mencari solusi lain yang dijadikan jembatan perdamaian dengan terlapor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Restorative Justice, Kepolisian, Kendala
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:51
Last Modified: 19 Jan 2022 03:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27269

Actions (login required)

View Item View Item