PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI ASAM BASA UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 1 PRAYA TIMUR

SRI, AGUSTINI HIDAYANTI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI ASAM BASA UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 1 PRAYA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _SRI AGUSTINI HIDAYANTI(E1M017076).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menentukan validitas dan kepraktisan modul praktikum kimia berbasis problem based learning materi asam basa untuk siswa kelas XI SMAN 1 Praya Timur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Praya Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Praya Timur yang berjumlah 28 peserta didik yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan berada pada kategori valid karena nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken (V) adalah 0,7 dan reliabilitas sebesar R= 0,9. Adapun nilai kepraktisan dari modul praktikum yang dikembangkan sebesar 84% yang berarti termasuk kategori sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum berbasis problem based learning yang telah dikembangkan sudah valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pengembangan, modul praktikum, problem based learning, materi asam basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:51
Last Modified: 19 Jan 2022 03:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27274

Actions (login required)

View Item View Item