PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERPENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS DARING UNTUK MELATIH PENALARAN INDUKTIF SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA

HEZI, SEPTI ILIANA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERPENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS DARING UNTUK MELATIH PENALARAN INDUKTIF SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Hezi Septi Iliana_E1M017027_ACC untuk VCD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan LKPD berpendekatan saintifik berbasis daring untuk melatih penalaran induktif siswa pada materi asam dan basa. Model penelitian yang digunakan adalah model 4-D. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel peserta didik sebanyak 32 orang dari kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Montong Gading. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil uji validasi LKPD diperoleh dari uji kevalidan tahap 1 dan 2 yaitu 116,33 dan 114,5 yang menunjukkan kategori valid dan bisa dilanjutkan untuk uji kepraktisan dengan menggunakan angket respon guru dan peserta didik terhadap LKPD. Hasil respon guru dan peserta didik adalah 87,36 % dan 74,87 % dengan kategori sangat praktis dan praktis sedangkan rata-rata nilai kemampuan pendekatan saintifik dan penalaran induktif peserta didik setelah mengerjakan LKPD adalah 83,37 dan 83,59. Simpulan dari penelitian ini adalah LKPD yang dikembangkan sudah termasuk dalam kategori valid dan praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kevalidan, kepraktisan, LKPD, pendekatan saintifik, penalaran induktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:51
Last Modified: 19 Jan 2022 03:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27275

Actions (login required)

View Item View Item