PENGAWETAN BAMBU PETUNG (Dendrocalamus asper Back) DENGAN METODE PERENDAMAN PANAS MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI DAUN TEMBELEKAN (Lantana camara L)

Ellend, Putri Kurnia (2021) PENGAWETAN BAMBU PETUNG (Dendrocalamus asper Back) DENGAN METODE PERENDAMAN PANAS MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI DAUN TEMBELEKAN (Lantana camara L). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ELLEND PUTRI KURNIA_C1L017039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bambu petung dapat dimanfaatkan untuk komponen rumah seperti atap, dinding, lantai, pintu, jendela, tiang, komponen konstruksi jembatan, pipa saluran air, dan sebagainya. Namun salah satu kelemahan dari bahan baku bambu yaitu tingkat keawetan alami yang rendah sehingga rentan terhadap organisme perusak seperti kumbang bubuk dan rayap. Oleh karena itu perlu dilakukan usaha pengawetan untuk memperpanjang umur pakai bambu. Pada penelitian ini digunakan bahan alami berupa daun tembelekan dengan metode perendaman panas. Daun tembelekan digunakan sebagai pengawet alami karena mengandung senyawa kimia yang dapat menjadi bahan aktif insektisida. Penggunaan ekstrak bahan pengawet pada penelitian ini sebesar 10%, 15%, dan 20%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa nilai absorpsi, retensi teoritis, retensi actual, penetrasi serta pengaruh konsentrasi bahan pengawet alami daun tembelekan yang diperoleh dengan metode perendaman panas. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non-factorial berdasarkan konsentrasi bahan pengawet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi bahan pengawet daun tembelekan berpengaruh nyata terhadap nilai absorpsi, retensi teoritis, dan retensi aktual tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap nilai penetrasi. Nilai absorpsi, retensi teoritis, retensi aktual dan penetrasi bahan pengawet berturut-turut berkisar antara 0.035-0.075 gr/cm3, 0.003-0.011 gr/cm3, 0.006-0.037 gr/cm3 dan 0.733-0.842 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: bambu petung, ekstrak daun tembelekan, pengawetan, perendaman panas.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:51
Last Modified: 19 Jan 2022 03:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27279

Actions (login required)

View Item View Item