PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 28 CAKRANEGARA

CHUSNUL, ALFIYAH PRASALIANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 28 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CHUSNUL ALFIYAH P..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran IPA selama ini dianggap sebagai pelajarang yang tidak menyenangkan oleh sebagian siswa dan siswa tidak bersemangat belajar sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan media Puzzle terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 28 Cakranegara. Penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design digunakan oleh penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SDN 28 Cakranegara pada kelas IV yang berjumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Sample T-test dengan perhitungan SPSS 26.0 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0.000 ≤ 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan media Puzzle terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 28 Cakranegara. Guru dan sekolah dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament, Media Puzzle, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:52
Last Modified: 19 Jan 2022 03:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27286

Actions (login required)

View Item View Item