TANGGUNG JAWAB HUKUM PIHAK RUMAH SAKIT TERHADAP KELALAIAN YANG DI LAKUKAN TENAGA KESEHATAN (BIDAN) PEGAWAI TIDAK TETAP (STUDI DI RSUD SONDOSIA KABUPATEN BIMA)

AGUS, WARDIN (2022) TANGGUNG JAWAB HUKUM PIHAK RUMAH SAKIT TERHADAP KELALAIAN YANG DI LAKUKAN TENAGA KESEHATAN (BIDAN) PEGAWAI TIDAK TETAP (STUDI DI RSUD SONDOSIA KABUPATEN BIMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi_AGUS WARDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kelalaian bidan pegawai tidak tetap dan Untuk mengetahui tanggung jawab Rumah Sakit atas kelalaian tenaga kesehatan bidan pegawai tidak tetap yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah Sondosia Kab. Bima. Penelitian ini meggunakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan undang-undang, pendekatan konseptual, pendekatan sosiologis, Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualititif. Hasil penelitian, menunjukan bahwa penyebab terjadinya kelalaian adalah kurangnya ketersediaan alat, kemudian tidak adanya dokter spesialis, ketiga adanya penyakit bawaan ibu hamil yang hendak melahirkan di ruang persalinan RSUD Sondosia Kab. Bima dan yang terakhir kondisi psikologis ibu yang hendak melahirkan. Dan tanggung jawab Rumah Sakit selama kelalaian itu terjadi sesudah tenaga kebidanan pegawai tidak tetap tersebut melakukan tindakan sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) yang ada, jika kerugian yang di akibatkan karena kesengajaan ataupun resiko medis yang dilakukan oleh petugas kesehatan dalam pelayanan itu akan menjadi tanggung jawab petugas kesehatan yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Rumah Sakit, Kelalaian, Pegawai Tidak Tetap
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:52
Last Modified: 19 Jan 2022 03:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27290

Actions (login required)

View Item View Item