PERAN BADAN PELINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DALAM UPAYA PELINDUNGAN HUKUM PRA PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (Studi di UPT BP2MI Mataram)

ADINDA, RIZKA FADILLAH (2021) PERAN BADAN PELINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DALAM UPAYA PELINDUNGAN HUKUM PRA PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (Studi di UPT BP2MI Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pekerja Migran merupakan suatu pekerjaan alternatif guna meminimalisir angka pengangguran di Indonesia. BP2MI merupakan lembaga yang memberikan pelindungan terhadap pekerja migran Indonesia pada masa pra penempatan, penempatan, dan purna penempatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran BP2MI Mataram dalam upaya pelindungan hukum pra penempatan pekerja migran Indonesia serta implementasi pelaksanaan pelindungan pekerja migran menurut peraturan presiden Nomor 90 Tahun 2019 Tentang BP2MI. penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menunjukkan bentuk pelindungan pra penempatan oleh BP2MI Mataram meliputi pelindungan administratif dan pelindungan teknis. Adapun implementasi pelaksanaan pelindungan pekerja migran Indonesia oleh BP2MI Mataram dilaksanakan melalui pelindungan pra penempatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pelindungan, Pra Penempatan, Pekerja Migran Indonesia, BP2MI
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:52
Last Modified: 19 Jan 2022 03:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27297

Actions (login required)

View Item View Item