PENGARUH LAMA WAKTU PENGUKUSAN PAKAN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa olifera) PADA BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Andy, Heriansyah (2022) PENGARUH LAMA WAKTU PENGUKUSAN PAKAN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa olifera) PADA BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Andy Heriansyah_C1K016015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak – Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa lama waktu pengukusan bahan baku pakan dengan penambahan tepung daun kelor (M. oleifera) dalam budidaya ikan nila (O. niloticus). Penelitian ini dilaksanakan selama 50 hari di Laboratorium Budidaya Perairan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). yang terdiri atas 3 perlakuan dan 5 kali ulangan. Perlakuan yang diujicobakan adalah lama pengukusan pakan yang berbeda, yaitu: P1 (30 menit) (kontrol), P2 (40 menit), P3 (50 menit). Parameter penelitian yang diukur meliputi pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan berat spesifik pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan panjag spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pakan, kelangsungan hidup, dan parameter kualitas air sebagai parameter pendukung penelitian. Data di analisis menggunakan sidik ragam (Anova) dengan tingkat kepercayaan 95% kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktu pengukusan yang berbeda pada pakan dengan penambahan tepung daun kelor (M. oleifera) dapat mempengaruhi pertumbuhan, efisiensi pakan dan nilai konversi pakan tetapi tidak mempengaruhi tingkat kelansungan hidup ikan nila (O. Niloticus) hanya memberikan pertumbuhan mutlak dan laju pertumbuhan berat spesifik ikan nila yang terbaik, yaitu berturut-turut 13,83 g dan 2,21 %. sementara memberikan pertumbuhan panjang, laju pertumbuhan panjang spesifik, efisensi pakan dan nilai konversi pakan yang sama baiknya dengan perlakuan kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Daun Kelor, Ikan Nila, Pakan, Pengukusan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:10
Last Modified: 19 Jan 2022 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27301

Actions (login required)

View Item View Item