TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP LAKILAKI YANG MENJADI KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DALAM PENEGAKAN HUKUM PIDANA

BAIQ, ANDI ALVITRIA WIDYARATU (2021) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP LAKILAKI YANG MENJADI KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DALAM PENEGAKAN HUKUM PIDANA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi FIX Baiq Andi Alvitria Widyaratu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)

Abstract

Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengkaji perlindungan hukum terhadap laki-laki yang menjadi korban pelecehan seksual dan bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada laki-laki yang menjadi korban pelecehan seksual. Kasus pelecehan seksual memang marak terjadi tidak hanya perempuan yang menjadi korban tetapi laki-laki juga menjadi korban. Apalagi belum diatur secara eksplisit Undang-undang yang terkait dengan perlindungan hukum bagi laki-laki yang menjadi korban. Minimnya perlindungan hukum terhadap laki-laki korban tindak pidana pelecehan seksual disebabkan aparat penegak hukum yang kurang meanggapi terhadap kasus pelecehan seksual terhadap laki-laki dan cenderung laki-laki dianggap sebagai pelaku. Dalam kajian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian normatif dan penelitian ini menggunakan 2 (dua) pendekatan yaitu, (1) Pendekatan Perundang-Undangan dan (2) Pendekatan Konseptual. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa Peraturan Perundangundangan yang dapat digunakan untuk melindungi laki-laki sebagai korban dari tindak pidana pelecehan seksual adalah Pasal 289 KUHP, Pasal 290 ayat (1) KUHP dan Pasal 292 KUHP, dan Undang-undang Nomor 31 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Sehingga dalam hal ini tindak pidana kekerasan seksual yang korbannya laki-laki memiliki beberapa hak dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan serta pemulihan terhadap dirinya sebagai korban. Untuk memenuhi perlindungan hukum yang diberikan terhadap laki-laki sebagai korban dapat dilakukan dua konsep perlindungannya yaitu, perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum represif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perlindungan Hukum, Pelecehan Seksual, Laki-Laki.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 23:44
Last Modified: 19 Jan 2022 23:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27304

Actions (login required)

View Item View Item