MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN BUDAYA KONSUMTIF REMAJA DI SMAN 7 MATARAM

NOVITASARI, NOVITASARI (2021) MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN BUDAYA KONSUMTIF REMAJA DI SMAN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVITASARI_E1S017062_PENDIDIKAN SOSIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi media sosial instagram dan budaya konsumtif remaja di SMAN 7 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa fungsi Media Sosial Instagram yakni: a) Fungsi Interaksi Sosial; b) Fungsi Ekspresi Kreatif; c) Fungsi Media Hiburan; d) Fungsi Media Informasi; dan e) Fungsi Media Pemasaran. Budaya konsumtif yang paling dominan dalam penelitian ini yakni budaya konsumtif berdasarkan atas keinginan. Hal ini ditandai dengan remaja membeli dan mengoleksi barang seperti skincare dengan berbagai macam merek meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu dengan tujuan mengatasi masalah kulit wajahnya seperti berjerawat. Selanjutnya, hasil penelitian menemukan bahwa remaja berbelanja pakaian karena tertarik oleh iklan yang ditayangkan pada media sosial instagram. Selain itu, hasil penelitian menemukan bahwa remaja mengoleksi pakaian untuk menunjang penampilannya agar dapat meningkatkan rasa kepercayaan dirinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Budaya Konsumtif, Instagram, Media Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:41
Last Modified: 20 Jan 2022 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27322

Actions (login required)

View Item View Item