PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP ANAKSEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi Kasus Putusan Nomer 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN Mtr)

GOFAR, ANSORI (2021) PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP ANAKSEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi Kasus Putusan Nomer 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi OPENG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sanksi pidana dan pertimbangan hakim terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian berdasarkan putusan Nomer 9/Pid.Sus-Anak/2019/PN Mtr. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Metode pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan konseptual, perundang-undangan, dan kasus. Sumber bahan hukum terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Penelitian ini di analisis dengankualitatif atau pembahasan. Hasil penelitian yang pertama, hakim tetap pada pendiriannya dengan menerapkan putusan pemidanaan dengan mengabulkan tuntutan jaksa penuntut umum. Oleh sebab itu hakim menjatuhkan sanksi terhadap terdakwa berupa pidana pokok berupa pembinanaan dalam lembaga. Kedua hakim mempertimbangkan kesesuaian antara unsur-unsur tindak pidana dengan faktafakta yang terungkap dalam persidangan yaitu keterangan saksi, keterangan terdakwa, dan alat bukti, membuktikan bahwa terdakwa telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana diatur dalam Pasal 363 ayat (1) ke-4 dan 5 KUHP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Sanksi Pidana, Anak, Pencurian.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:41
Last Modified: 20 Jan 2022 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27324

Actions (login required)

View Item View Item