ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

TINA, SEPTIKAYANTI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TINA SEPTIKAYANTI (E1R116037) PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis tertulis saat menyelesaikan soal bentuk aljabar berdasarkan kemampuan matematika siswa kelas VII SMP Negeri 16 Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 154 siswa kelas VII SMP Negeri 16 Mataram tahun pelajaran 2020/2021 dan jumlah sampel penelitian 32 siswa diambil dengan teknik sampling purposive. Teknik pemilihan subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis tertulis, akan dianalisis sebanyak 9 subjek yang diambil dari 32 siswa. Tiap kategori kemampuan komunikasi matematis terdapat 3 siswa. Adapun aspek kemampuan komunikasi matematis tertulis, yaitu menulis teks, menggambar, dan simbolik. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan, (i) Kemampuan komunikasi matematis pada aspek menulis teks, siswa yang berkemampuan tinggi berkategori baik yaitu siswa dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, siswa dapat menuliskan ide saat menyelesaikan permasalahan soal dengan benar. Sedangkan siswa yang berkemampuan sedang dan rendah berkategori cukup, yaitu sebagian dari siswa dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap. Serta siswa dapat menuliskan ide dalam menyelesaikan permasalahan soal. (ii) Pada aspek menggambar, siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang berkategori baik yaitu siswa dapat menyatakan permasalahan ke dalam bentuk gambar dengan benar dan lengkap. Sedangkan siswa yang berkemampuan rendah pada aspek menggambar berkategori cukup, yaitu siswa dapat menyatakan permasalahan matematika kedalam bentuk gambar disertai keterangan. (iii) Pada aspek simbolik, siswa yang berkemampuan matematika berkategori cukup yaitu siswa dapat menggunakan simbol matematika saat menuliskan informasi yang diketahui dan ditayakan, siswa dapat menuliskan ide dalam menyelesaikan permasalahan soal dan siswa dapat menuliskan keterangan gambar menggunakan simbol matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, kemampuan matematika, materi bentuk aljabar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:41
Last Modified: 20 Jan 2022 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27325

Actions (login required)

View Item View Item