PROFIL DARAH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) PADA PEMBERIAN PAKAN DENGAN FORTIFIKASI TEPUNG RUMPUT LAUT Gracilaria sp.

Linda, Linda (2022) PROFIL DARAH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) PADA PEMBERIAN PAKAN DENGAN FORTIFIKASI TEPUNG RUMPUT LAUT Gracilaria sp. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Linda_C1K017055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan produk perikanan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu faktor penting dalam budidaya adalah pakan. Rumput laut Gracilaria sp. merupakan salah satu tanaman laut yang memiliki kandungan metabolit sekunder yang dapat dimanfaatkan sebagai immunostimulan. Gambaran darah dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap respon fisiologis ikan. penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh fortifikasi tepung rumput laut Gracilaria sp. terhadap profil darah ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan 4 perlakuan yaitu, P1 : pakan kontrol; P2 : fortifikasi tepung Gracilaria sp. 4%; P3 : fortifikasi tepung Gracilaria sp. 8%; P4 : fortifikasi tepung Gracilaria sp. 12%. Data penelitian dianalisa dengan regresi linier untuk profil darah dan sidik ragam untuk data bobot mutlak, SR, dan FCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya fortifikasi tepung rumput laut Gracilaria sp. pada pakan mampu memberikan pengaruh positif, tetapi pengaruhnya tidak signifikan terhadap kadar hemoglobin, hematokrit, jumlah eritrosit, serta leukosit. Terhadap bobot mutlak, kelangsungan hidup dan tingkat konversi pakan, dengan adanya fortifikasi tersebut dapat memberikan pengaruh yang nyata. Fortifikasi tepung Gracilaria sp. denagn konsentrasi 8% atau 80g/kg pakan merupakan konsentrasi terbaik yang dapat mempengaruhi profil darah ikan nil

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan nila Gracilaria sp. Leukosit Eritrosit Hemoglobin Hematokrit
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:41
Last Modified: 20 Jan 2022 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27327

Actions (login required)

View Item View Item