TINJAUAN YURIDIS PERUBAHAN PERJANJIAN PAKET PEKERJAAN KONSTRUKSI ANTARA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN LOMBOK BARAT DENGAN PT. KESAWA KARYA ABADI

DONI, SUTO IRMAWAN (2022) TINJAUAN YURIDIS PERUBAHAN PERJANJIAN PAKET PEKERJAAN KONSTRUKSI ANTARA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN LOMBOK BARAT DENGAN PT. KESAWA KARYA ABADI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis perubahan perjanjian paket pekerjaan konstruksi antara Dinas Pekerjaan Umum dan penaraan ruang kabupaten Lombok barat dengan PT.Kesawa Karya Abadi. Metode penelitian yakni normatif empiris. Hasil penelitian dianalisis bahwa pelaksanaan perubahan Kontrak pengadaan konstruksi Jalan paket VII (Tujuh) rehabilitas/pemeliharaan berkala ruas jalan (042) dasan geres-buntage, RM +BMW 8 Ruas di kabupaten Lombok Barat dilakukan atas dasar adanya usulan perubahan kontrak dari penyedia (kontraktor/konsultan), kemudian PPK melakukan review usulan perubahan. Setelah itu dilakukan negosiasi tekhnis dan harga, setelah terjadinya kesepakatan mengenai teknis dan harga barulah dilakukan berita acara perubahan kontrak yang kemudian dilakukanlah perubahan kontrak. Perubahan kontrak ini kemudian tertuang pada Berita Acara penjelasan pekerjaan (aanwidjing) Klarifikasi dan Negosiasi dengan Nomor: 009/04/Pan.Kontrak-PK VII.PRIM/BM/2019 dengan penyedia Barang/ Jasa PT. Kesawa Karya Abadi. Terdapat dua akibat hukum adanya perubahan kontrak yakni terdapat penambahan volume pengerjaan jalan dan adanya penambahan anggaran yang diajukan oleh penyedia jasa sebesar Rp,455.729.000 (empat ratus lima puluh lima juta rupiah tujuh ratus dua puluh Sembilan ribu rupiah). Dasar perubahan kontrak dapat dilihat pada ketentuan perjanjian dan perencanaan dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan pekerjaan paket VII ( Tujuh) rehabilitas/pemeliharaan berkala ruas jalan (042) dasan geres-buntage. Perubahan Surat Perjanjiian (addendum) pada kasus ini telah terjadi 1 (satu) kali perubahan kontrak (Addendum). Adapun penyebab perubahan kontrak yakni adanya temuan air pada kedalaman penggalian 2 M yang menjadi gangguan pada pelaksanaan kegiatan pembangunan yang akan dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perubahan, Perjanjian, Paket Pengerjaan Konstruksi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:41
Last Modified: 20 Jan 2022 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27328

Actions (login required)

View Item View Item