PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS IV SDN GUGUS IV PRAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

RIA, REZKI WULANDARI (2022) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS IV SDN GUGUS IV PRAYA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP RIA REZKI WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru kelas IV di SDN Gugus IV Praya dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru sebagai pemberi informasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap keterampilan membaca kritis siswa kelas IV di SDN Gugus IV Praya tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode SQ3R, jenis quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDN Gugus IV Praya yang berjumlah 131 peserta didik. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik purposive sampling dengan jumlah sampel 42 peserta didik. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan uji test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil thitung 0,13 < 0,05 tabel pada taraf signifikan 5% yang berarti ada pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan membaca kritis peserta didik kelas IV di SDN Gugus IV Praya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Keterampilan Membaca Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:41
Last Modified: 20 Jan 2022 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27329

Actions (login required)

View Item View Item