PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIPA SMAN 1 UTAN

ZAHRATUL, MUNAWARAH (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIPA SMAN 1 UTAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Zahratul Munawarah (E1M017082).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari multimedia interaktif berbentuk APK yang dikembangkan pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate), tetapi dengan pertimbangan tertentu penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Populasi dalam penelitian ini yaitu 103 siswa dari kelas XI MIPA SMAN 1 Utan tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel sebanyak 20 orang, yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk menentukan validitas yang dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V dan reliabilitas yang dianalisis menggunakan rumus percentage of agreement (R), serta angket respon siswa untuk menentukan kepraktisan dari media yang dikembangkan dianalisis menggunakan rumus P (%). Berdasarkan perhitungan menggunakan Aiken’s V diperoleh nilai rata-rata V sebesar 0,86 dan ini termasuk kategori sangat valid, serta diperoleh R sebesar 89,99% yang menunjukkan instrumen tersebut reliabel. Hasil uji kepraktisan diperoleh P (%) sebesar 90%, yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbentuk APK yang dikembangkan pada materi laju reaksi termasuk sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: multimedia interaktif, APK, laju reaksi, penelitian pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:42
Last Modified: 20 Jan 2022 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item