PENERAPAN ALAT BUKTI PETUNJUK OLEH HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (STUDI DI PENGADILAN NEGERI MATARAM)

ANDI, YUNIARTI SULMA (2021) PENERAPAN ALAT BUKTI PETUNJUK OLEH HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (STUDI DI PENGADILAN NEGERI MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNIARTI REVISI SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis penerapan alat bukti petunjuk oleh hakim Pada Pengadilan Negeri Mataram dalam menjatuhkan pidana terhadap tindak pidana pembunuhan. Metode penelitian dalam penulisan ini penelitian hukum empiris. Hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan alat bukti petunjuk oleh hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana pembunuhan di Pengadilan Negeri Mataram dalam kurun waktu 2018 sampai dengan 2021 yakni tidak diterapkan, hal ini disebabkan bahwasanya alat bukti yang diajukan oleh jaksa pada kasus pembunuhan tersebut menurut pendapat hakim telah cukup memberikan keyakinan kepada hakim bahwa telah terjadi tindak pidana. Kendala-kendala yang dihadapi oleh hakim dalam penerapan alat bukti pentunjuk pada kasus tindak pidana pembunuhan di Pengadilan Negeri Mataram dibagi menjadi dua hambatan yakni hambatan internal dan hambatan eksternal. Adapun hambatan-hambatan internal menurut 3 (tiga) orang hakim yakni faktor penegak hukum ( hakim); cara menerapkan alat bukti petunjuk hanya terbatas pada Pasal 188 ayat (2) KUHAP;alat bukti yang diajukan oleh jaksa dianggap telah lengkap dan dapat meyakinkan hakim untuk memutus tindak pidana, sehingga hakim tindak memerlukan alat bukti petunjuk; dan alat bukti petunjuk tidak dapat berdiri sendiri seperti alat-alat bukti yang lainnya. Untuk hambatan ekstenal menurut hakim yang meliputi kurangnya bukti yang akurat; adanya keterangan saksi dan keterangan terdakwa yang tidak bersesuain dipersidangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembunuhan, Alat Bukti, Petunjuk.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:42
Last Modified: 20 Jan 2022 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27341

Actions (login required)

View Item View Item