ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE KELAS VIII SMP NEGERI 1 AIKMEL TAHUN AJARAN 2020/2021

IQRA’MATUL, AULIA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE KELAS VIII SMP NEGERI 1 AIKMEL TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Iqra'Matul Aulia (E1R017026).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam menyelesikan masalah geometri bangun ruang sisi datar berdasarkan tingkat berpikir van Hiele kelas VIII SMP Negeri 1 Aikmel tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil dengan purposive sampling yaitu 9 siswa kelas VIII yang terdiri dari masing-masing 3 siswa dengan tingkat berpikir van Hiele tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis) dan tingkat 2 (abstraksi). Subjek dipilih dengan dasar telah mendapat materi tentang bangun ruang sisi datar dan telah mengikuti tes kemampuan geometri van Hiele. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes kemampuan geometri van Hiele, tes kemampuan spasial dan wawancara. Validitas data menggunakan validitas Aiken dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan tingkat 2 (abstraksi) memiliki kemampuan spasial yang terdiri dari visualisasi spasial, orientasi spasial dan relasi spasial. (2) subjek dengan tingkat 1 (analisis) memilki kemampuan spasial yang terdiri dari orientasi spasial. (3) subjek dengan tingkat 0 (visualisasi) belum memilki kemampuan spasial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Kemampuan Geometri van Hiele, Geometri Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:42
Last Modified: 20 Jan 2022 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item View Item