PENGARUH PENGGUNAA N METODE SPEED READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS V SDN KOMBO KECAMATAN WAWO

Umdatur, Rosyidah (2022) PENGARUH PENGGUNAA N METODE SPEED READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS V SDN KOMBO KECAMATAN WAWO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
UMDATUR SKRIP-SI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Speed Reading terhadap kemampuan memahami teks Biografi siswa kelas V SDN Kombo Kabupaten Bima. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN SDN Kombo Kabupaten Bima, sedangkan sampel adalah peserta didik kelas V SDN KOMBO dengan jumlah 18 peserta didik. Sampel di ambil satu kelas penuh, yaitu kelas V yang terdiri dari 6 siswa laki-laki 12 siswa perempuan. Dari sampel tersebut diperoleh data dari hasil pre-test (sebelum diberi perlakuan) dan post-test (setelah diberi perlakuan). Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus One-SampleKolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogentias selanjutnya menguji hipotesis penelitian. Kemudian data hasil memahami teks biografi dianalisis dengan uji-t Independent Samples Test untuk mengetahui hipotesis penelitian, Hasil analisis data didapatkan nilai thitung sebesar 8,685 dengan sig 0,000. Hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 2,109. Jika dibandingkan nilai thitung dengan ttabel maka diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 8,685 > 2,109 dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) maka hal tersebut menujukkan bahwa ada pengaruh metode Speed Reading terhadap Kemampuan Memahami Teks Biografi siswa kelas V SDN Kombo Kecamatan Wawo.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Speed Reading, Teks Biografi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:43
Last Modified: 20 Jan 2022 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27347

Actions (login required)

View Item View Item