MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS SISWA KELAS III TEMA 2: MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KURIKULUM 2013

ANGGUN, KAMILASARI (2022) MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS SISWA KELAS III TEMA 2: MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - ANGGUN KAMILASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013 sekaligus untuk mengetahui perspektif guru mengenai muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terpadat dalam buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunkan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitan content analysis (analisis konten). Penelitian ini menggunakan buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013 sebagai objek penelitian dan juga dua orang guru sebagai informan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Data pada penelitian ini bersumber dari buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013 dan dua orang guru sekolah dasar. Hasil penelitian ini dianalisis dengan model Miles dan Huberman dengan hasil menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang temuat dalam buku teks siswa kelas 3 tema 2: menyayangi tumbuhan dan hewan kurikulum 2013 adalah nilai karakter religius, jujur, displin, santun, percaya diri, peduli, bertanggung jawab, gotong royong, dan mandiri. Hasil wawancara menunjukkan bahwa guru memiliki perspektif masing-masing dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran kepada peserta didiknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, buku siswa, perspektf guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:53
Last Modified: 24 Jan 2022 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27358

Actions (login required)

View Item View Item