PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECNIQUE (VCT) BERBANTUAN GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV GUGUS 04 KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ZAENUL, ASIKIN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECNIQUE (VCT) BERBANTUAN GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV GUGUS 04 KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Value Clarifition Teacnique (VCT) berbantuan games terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV Gugus 4 Kecamatan Praya tahun pelajaran 2020/2021 yang jumlah Populasi nya berjumlah 112 . Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan None quivalent Control Group Design. Desain sampel yang digunakan yaitu kelas eksperimen 14 sampel dan kelas control 20 sampel jumlahHasil uji normalitas data diperoleh dari hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan control lebih besar dari 0,05 dimana dapat disimpulkan data yang dihasilkan normal. Hasil uji homogenitas varian diperoleh dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,052 dan 0,098 dimana hasil tersebut lebih besar dari 0,05 yang menyatakan bahwa data tersebut dapat dikatakan homogen. Kemudian tahap uji hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Apabila hasil lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,05 dapat dipastikan bahwa adanya perbedaan kemampuan. Hasil uji hipotesis posttest dari kelas control dan eksperimen sebesar 0,040 menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari hasil belajar muatan PPKn sebelum dan setelah perlakuan. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Value Clarifition Teacnique (VCT) berbantuan games terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV Gugus 4 Kecamatan Praya tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran Value ClarifitionTeacnique (VCT), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:53
Last Modified: 24 Jan 2022 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27362

Actions (login required)

View Item View Item