IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN RIWAYAT ORANG TUA NIKAH DINI DI DESA GIRI MADIA KECAMATAN LINGSAR

DEVIANA, SAFITRI (2021) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN RIWAYAT ORANG TUA NIKAH DINI DI DESA GIRI MADIA KECAMATAN LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun yaitu aspek belajar dan pemecahan masalah, aspek berfikir logis dan aspek berfikir simbolik dengan riwayat orang tua nikah dini di Desa Giri Madia Kecamatan Lingsar. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 90 orang dan diambil sampel 25% dari populasi, sehingga jumlah sampel yaitu 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpartisipan dan alat pengumpukan data menggunakan angket tertutup. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan persentase. Hasil penelitian tentang perkembangan kognitif anak dengan riwayat orang tua nikah dini aspek belajar dan pemecahan masalah diperoleh item deskriptor dominan Mulai Berkembang (MB) diantaranya, 1) anak menyebutkan konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, 2) anak menceritakan konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, 3) anak menceritakan dirinya sebagai teman. Sedangkan item deksriptor yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yaitu 1) anak menyebutkan posisinya sebagai anak dalam keluarga. Hasil penelitian perkembangan kognitif anak aspek berfikir logis diperoleh item deskriptor dominan Mulai Berkembang (MB) yaitu 1) anak menunjukkan pola dalam suatu kegiatan. Sedangkan item deksriptor yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yaitu 1) anak mengelompokkan benda sesuai dengan bentuknya. Hasil penelitian perkembangan kognitif anak aspek berfikir simbolik diperoleh item dominan Mulai Berkembang (MB) yaitu 1) anak menunjukkan konsep bilangan. Sedangkan item deksriptor yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yaitu 1) anak dapat menghitung banyak benda dari satu sampai sepuluh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun dengan riwayat orang tua nikah dini di Desa Giri Madia termasuk dalam kategori Mulai Berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pernikahan Dini, Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:53
Last Modified: 24 Jan 2022 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item View Item