STUDI KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN KERUPUK ATOM DI KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA

NILAM, NIRMALA (2022) STUDI KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN KERUPUK ATOM DI KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Nilam Nirmala_Studi Kelayakan Usaha Dan Pemasaran_0122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kerupuk atom merupakan cemilan khas masyarakat Sumbawa khususnya Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa yang satu-satunya sentral agroindustri kerupuk atom. Kerupuk atom ini diproduksi dalam skala rumah tangga oleh 6 pengusaha yang tersebar dikecamatan Empang Kabupaten Sumbawa. Dilihat dari ekstensinya kerupuk atom dikecamatan Empang, tentunya memberikan keuntungan bagi pelaku usaha. Berdasarkan uraian diatas maka perlu ditinjau kelayakan usaha dan pemasaran dari produk kerupuk atom. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan usaha kerupuk atom di Kecamatan Empang, untuk menganalisis strategi pemasaran kerupuk atom di Kecamatan Empang, untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi produsen dalam memasarkan kerupuk atom di Kecamatan Empang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam skripsi ini yang menjadi unit analisis adalah agroindustri kerupuk atom di Kecamatan Empang. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling di Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa dengan asumsi bahwa wilayah tersebut sebagai salah satu sentra penghasil kerupuk atom makanan khas masyarakat Sumbawa sehingga mudah dijangkau dalam penelitian ini. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sensus sebanyak 6 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 macam yaitu: Data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara dan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kelayakan usaha, analisis strategi pemasaran dan menganalisis kendala pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha kerupuk atom di Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa layak dikembangkan karena nilai R/C ratio yang diperoleh lebih besar dari 1 yakni 2,30. Strategi pemasaran (Marketing Mix) kerupuk atom ini dapat dilihat dari variabel yang digunakan yaitu : Produk, Atribut produk :Bentuk produk kerupuk atom dijual dalam bentuk dadu serta varian rasa tidak ada hanya rasa original. Pelabelan, produk diberikan merek serta menggunakan kertas fotokopi dengan tampilan gambar ikan tenggiri,no HP,dan alamat sehingga diletakkan didalam kemasan. Pengemasan, menggunakan plastik gulung dengan kisaran berat 80-100 gr perbungkus (lebar 10 cm), kerupuk atom dijual dengan harga Rp.4000/bungkus (grosiran/pengepul) sedangkan harga Rp.5000/bungkus (konsumen akhir). Lokasi distribusi, produk biasanya dijual langsung kepada tetangga, menitipkan di toko-toko kecil, dan sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Empang. Promosi, dilakukan oleh produsen melalui mulut ke mulut, melalui media social seperti WhatsApp dan Facebook. Sumber DayaManusia (SDM), Produk dipasarkan melalui tiga saluran yakni produsen → konsumen akhir, produsen → pedagang pengecer (took-toko kecil) → konsumen akhir dan produsen → pengepul (grosiran) → pengecer → konsumen akhir. Proses pemasaran, Untuk menginformasikan produk secara langsung kepada konsumen. Kendala pemasaran yang dihadapi oleh produsen kerupuk atom di Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa yaitu kekurangan stok ikan pada musim barat dan keterbatasan modal untuk menyetok ikan dalam jumlah banyak sehingga menghambat produsen untuk memproduksi kerupuk atom dalam jumlah besar. Setelah dilakukan penelitian terhadap usaha kerupuk atom di Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa disarankan sebagai berikut, (1) Diharapkan bagi usaha kerupuk atom untuk meningkatkan berbagai varian serta menjaga mutu dan kualitas dengan cara mencantumkan, berat barang, sertivikat halal, expired dan BPOM sehingga kerupuk dengan bahan olahan ikan tenggiri dapat dipasarkan diberbagai daerah, (2) Bagi pemerintah, untuk meningkatkan pendapatan usaha kecil menengah masyarakat seperti produksi kerupuk atom dengan skala rumah tangga maka perlu adanya bantuan penyuluhan dan menfasilitasi proses pemasaran agar pemilik usaha bisa meningkatkan produksi dan penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kerupuk Atom, Kelayakan Usaha, Strategi Pemasaran (Marketing Mix), dan kendala
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:53
Last Modified: 24 Jan 2022 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27365

Actions (login required)

View Item View Item